Penamaan lantai bangunan dan mall

Spread the love

Mungkin bagi sebagian orang berkunjung ke mall adalah hal menyenangkan. Tapi ada kalanya saat pertama kali datang ke mall yang belum di datangi akan kebingngungan mengetahui arah ataupun letak lobby. sehingga akan kebingungan saat akan kebambali pulang

sumber: tirti . id

Di indonesia belum ada standart penamaan lantai gedung ataupun mall. Standart ilmu sipil maupun arsitek juga tidak membahas penamaan lantai gedung.

Untuk standart penamaan biasanya mengacu pada penamaan lantai gedung atau mall di eropa. Penamaan biasanya 1, UG, G, LG, B1, B2 . Untuk orang awam pasti bingung, Apalagi bila ada kebakaran atau gempa pasti sangat bahaya bila penamaan lantai yang tidak standrt satu sama lain

Dalam penamaan gedung dan mall biasanya juga menghindari angka 4 dan 13

Angka yang biasa dihindari adalah 4 dan 13. Masyarakat Tionghoa menganggap angka 4––yang dilafalkan sebagai “si”––serupa sebutan kata “mati”. Sementara ianggapan buruk atas angka 13 muncul dari dunia barat.

Masyarakat Yunani Kuno, misalnya, menganggap 13 adalah angka buruk lantaran menjadi angka keberuntungan Dewa Perang. Orang-orang Byzantium mencap angka 13 adalah buruk lantaran kehancuran Konstantinopel pada tanggal tersebut.

Pada 1890-an, literatur Inggris memuat angka 13 adalah angka sial. Pendapat ini merujuk peristiwa Perjamuan Terakhir yang menunjukkan Yudas Iskariot, murid Yesus ke-13, mengkhianati gurunya.

Pada zaman modern, persepsi negatif terhadap angka 13 muncul setelah publik mengamati berbagai kejadian buruk yang berhubungan dengan angka tersebut. Salah satu contohnya: penerbangan Apollo 13.

Sekian alasan itulah melatari mengapa orang-orang memilih menghindari angka 4 dan 13 sampai saat ini.

Petanyaan yang sering ditanyakan pada soal lantai gedung dan mall

Lantai lobby atau pintu keluar mall dan gedung di lantai berapa ?

Biasanya pintu keluar atau lobby di lantai GF ( ground floor)

Bagaimana cara keluar dari gedung atau mall yang terbakar atau gempa ?

Turun melalau tangga jangan naik lift
Turun menuju lantai ground atau lobby
berkumpul di muster point

Bagaimana cara penamaan lantai mall dan gedung ?

biasanya lantai dasar di sebut ground atau GF
lantai atasnya baru angaka 1 dan seterusnya
lantai dibawah ground bisanya B1 atau basement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *